Berita Terkini

KUKM Daerah Harus Tingkatkan SDM

Memberdayakan koperasi dan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) tak hanya menjadi tanggung jawab dari Kementrian Negara Koperasi dan UKM (KemnegKUKM) semata, tapi juga harus menjadi tanggung jawab Dinas KUKM daerah setempat. Karenanya, Dinas KUKM di masing-masing daerah harus bisa mempersiapkan dan meningkatkan kualitas SDM-nya.


“Sekaligus mempersiapkan anggaran untuk pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan bagi pengembangan KUKM. Tentu besaran anggarannya harus sesuai kemampuan daerah masing-masing. Memberdayakan peran UMKM agar hasilnya bisa maksimal, perlu perhatian dan dukungan penuh dari Gubernur, Bupati, dan Walikota,” ungkap MennegKUKM Syarifudin Hasan, saat menutup Rakornas Pemberdayaan Koperasi dan UMKM di Jakarta, Selasa (10/11) malam.

Ditambahkan, dukungan itu baik dalam bentuk pengadaan anggaran maupun pengadaan dan pengelolaan tenaga Pembina yang kompeten. Untuk itu, perlu sinkronisasi, harmonisasi dan sinergi dalam pelaksanaan antar program pemberdayaan masyarakat. Yang pelaksanaan hendaknya dilakukan by desain. Menurut Syarif, untuk mengawal dukungan dari setiap daerah terhadap pengembangan KUMKM di daerahnya masing-masing, peserta Rakornas sepakat untuk membentuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di setiap provinsi, kabupaten. dan kota yang fungsinya bisa menjadi lembaga pendampingan para KUMKM di masing-masing daerah.

Selain itu, lanjut Syarif, kehadiran SKPD juga diharapkan bisa menjadi fasilitas untuk menyamakan persepsi antara Pusat dan daerah. Dengan demikian, antara pusat, provinsi dan kabupaten/kota bisa terjalin pola pandang dan cara berfikir yang sama tentang pemberdayakan dan pengembangkan KUMKM di Tanah Air.

Dengan sejumlah rekomendasi yang telah ditelurkan dalam Rakornas tersebut, seperti mempermudah akses pada sumber permodalan, membangun lembaga keuangan mikro, melakukan program revitalisasi KUR, melakukan pelatihan nasional, mengembangkan industri kreatif, melakukan revitalisasi pasar tradisional, dan pengembangan program Ovop di masing daerah, MennegKUKM berharap hasil Rakornas bisa diimplementasikan bersama.

sumber: www.beritakota.co.id

PENCARIAN DATA

KALENDAR

September 2017
MTWTFSS
123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930

PENGUNJUNG

425802
Hari iniHari ini19
Minggu IniMinggu Ini916
Bulan IniBulan Ini5390